Ceramah


Hari ini, Jumat tanggal 27 April 2018, telah diadakan seminar
Seminar dilakukan di Ruang Paulus, terletak di depan Perpustakaan STTAletheia Lawang

Di awal seminar, kami dibawa ke dalam suasana Ibadah, sesuai dengan modul yang telah dibagikan.





Dengan dibantu oleh Tim Aletheia Vocal Ensamble, kami dibawa ke dalam suasana Ibadah seperti modul tersebut. Selanjutnya, Bp Victor membahas hal hal teknis, dan mengupas per bagian Suasana Ibadah tersebut.








itulah tadi beberapa modul yang telah dibahas. Sesi selanjutnya, akan membahas teknik teknik tentang paduan suara.  Namun, beberapa peserta yang telah ikut sesi 1, ada yang tidak melanjutkan ke sesi 2.



Jadi, di awal sesi 2, kami mempraktekkan model model pemanasan. Pemanasan tersebut terbagi dalam 4 kategori:
1.  Body
Pada pemanasan ini, lebih  diutamakan untuk pereganggan otot dalam tubuh. Untuk permulaan, bisa dengan gerakan simpel tarik nafas keluarkan nafas disertai dengan naik dan turunnya tangan. Untuk usia lanjut, bisa dengan duduk, lalu kaki dibuka lebar,  tangan direntangkan dan ditarik ke dalam bukaan kaki hingga otot otot di punggung terasa tertarik.

Untuk lainnya, seperti kepala bisa diangguk anggukkan. Pundak, pemanasan dilakukan dengan menaik turunkan pundak, berputar. Tangan, mengkepek kepek kan selama 1x8 atau 1x12. Kaki, dapat dilakukan dengan cara lari lari kecil di tempat

Bp Victor, menambahkan cara streaching khusus untuk anak anak, yaitu dengan story telling. Ia menceritakan tentang rasanya dikejar anjing ( lari lari kecil di tempat), suara lebah ( melatih bibir), makan permen karet ( mengunyah, melemaskan otot pipi).

2. Breath

3. Resonance
Perlu dijelaskan, pada. latihan ini ditujukan untuk melatih resonansi. Contoh,. pada kalimat pertama ada Ming.. ming.. yang dinyanyikan dengan not sol fa mi re do dengan interval dari nada dasar D mayor hingga G mayor.

 Kedua, ada latihan ping pong.. ping.. pong.. dengan nada sol.. do.. sol.. do

Ketiga, Zingamama dengan not sol.. sol.. sol.. sol.. Zingamama dengan nada fa.. fa.. fa.. fa.. Zingamama dengan nada mi.. mi.. mi.. mi.. Zingamama dengan nada re.. re.. re.. re.. Zing dengan nada do.. Zong dengan nada sol.. Zing dengan nada do begitu seterusnya.

Untuk yang Bingo agak susah dijelaskan dengan kata kata


4.  Intonation
 Untuk melatih ketepatan nada


Komentar

Postingan Populer