Syalalala..

Setelah menunggu beritahun tahun lamanya, waktu itu telah tiba pula. Dan setelah melalui segala proses yang ada, STTA adalah tempat yang akan menjadi bengkel spiritualitas saya di kehidupan selanjutnya. Namun, ada beberapa notice atau hal hal yang menurut saya penting untuk diperhatikan selama masa pendaftaran

1. Ambil gelombang terakir
Menurut saya, jika anda mengambil gelombang pendaftaran terakir, anda akan bernasib sama dengan saya.  Ya.. Seperti yang saya ketahui, saya mendaftar di H-seminggu sebelum waktu tes tiba.. Itu adalah suatu tantangan, atau bahkan hal yang sangat ekstream, mengingat banyak persyaratan yang harus diambil. Namun, ada sis baik nya.. Biasanya kalo di gelombang terakir, akan banyak calon maba baru yang ikut mendaftar,. Jadi banyak temen nya..


2. Konsultasi surat keterangan sehat 
Salah satu persyaratan yang wajib hukum nya, adalag meminta surat keterangan sehat. Untuk hal pendaftaran, saran saya adalah pergi ke balkesmas STTA lawang. Balkesmas adalah balai kesehatan masyarakat yang belerjasama dengan sinode GKT dan STT Aletheia untuk layanana kemasyarakatan. Nah.. Untuk rekomendasi dokter nya sendiri pun, saya lebih merekomendasikan Dr Harry Ratulangi. Beliau selain dikenal sabar, tapi juga murah hati.

3. Foto rongsen dan cek murah
Persyaratan terakir, yang menurut saya cukup susah untuk di dapat adalah foto rongsen. Untuk kalian yang tinggal di daerah lawang, Dr Harry pun punya solusi nya untuk hal ini. Iyaa.. Foto rongsen dan cek darah di klinik SUKSES. Klinik tersebut terletak di jalan Lawang View. Dan.. Hasilnya pun sehari ( kalo sanggup) jadi kok..

4. Isi formulir sesuai dengan KK
Mengisi formulir.. Kayaknya mudah yah.. Namun, perlu diperhatikan, meskipun gampang, saya lebih suka anda mengisinyansesuai dengan KK dan akte kelahiran. Hal teesebut ditujukan agar jikalau anda mendapat beasiswa ataupun untuk keperluan administrasi, akan mempermudah untuk menuliskan atau  mencaridatanya.

5. Belajar!!
Ini yang susah.. Buat kalian yang masih bingung untuk belajar apaan.. Ada beberapa hal yang bisa anda pertimbangan untuk dipelajari

a. Bahasa indonesia
Untuk matapelajaran bahasa Indonesia, bukanlah kembali pelajaran anda ketika akan menghadapi UN, antara lain seperti majas, struktur kalimat, jenis jenis paragraf, jenis kalimat, imbuhan, alenea, frasa, dll. Akan sangat membantu jika anda menguasai materi UN tersebut. Jumlah soal tidak terlalu banyak, hanya 50 butir soal.

b. Logika
Tes ini adalah tes yang terselubung.. Apa maksudnua?? Ini tes masuk dalam bagian tes sikologi, namun jangan kuatir, kali ini sayanakan membagikan rumus logika yang sering digunakan..



https://www.zenius.net/blog/2293/belajar-soal-tpa-logika-proposisi-sbmptn

https://itha87.wordpress.com/2010/05/23/penalaran-deduktif-dan-silogisme/

Dan masih banyak lagi, silahkan google ing sendiri di Internet anda


c. Pemahaman Alkitab
Untuk pemahaman alkitab ini, trik yang saya gunakan adalah mencari hal hal umum uang terdapat dalam Alkitab, seperti ayah musa namannya.. Atau arti siloam adalah.. Samuel artinya... Barnabas.. Ebenheazer..  Dan masih banyak lagi.. Untuk ayat yang dihafalkan, mungkin motto dari sekolah teesebut.. 1 Tim 6:12
Selain itu, jikalau anda ingin belajar dari google, kata kunci yang tepat menurut saya adalah.. Kuis Cerdas cermat Alkitab

http://silvialestarihutasoit.blogspot.com/2017/07/kumpulan-soal-cerdas-cermat-alkitab.html?m=1

https://allenadelmarchia.wordpress.com/2014/12/19/soal-soal-cerdas-cermat-alkitab/

Saya yakin akan banyak yang keluar dari sana..


d. Bahasa Inggris
Dalam tes bahasa Inggris, di bagian pertama anda akan disuguhkan bacaan yang cukup panjang. Bacalah dengan seksama oada saat itu juga. Selain itu, coba carilah atau pelajarilah sinonim sinonim yang ada di kamus.. Dann yang paling penting untuk pemahami bahasa Inggris adalah tenses. Untuk itu, pelajarilah..


Komentar

Postingan Populer